Sistem Dan Informasi

1 . Jelaskan mengapa universitas merupakan suatu sitem. Jelaskan pula mengapa universitas merupakan suatu supersistem dan subsistem?

2 . Setiap hari,suatu perusahaan telepon metropolitan yang besar mencetak ribuan tagihan,apakah tagihan ini data/informasi. Jelaskan??

Jawaban:

  • Definisi Sistem

Sistem adalah kumpulan ,group ,komponen apapun baik phisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu.Atau kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu atau suatu jaringan kerja dari procedure-prosedure yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.

Universitas dikatakan sebagai suatu sistem karena universitas merupakan kumpulan dari elemen – elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan. Tujuan untuk mendidik mahasiswa, untuk mengembangkan kreatif mahasiswa agar menjadi pribadi yang mandiri dan lebih terarah dengan tujuan untuk menghadapi dunia bisnis dan sebagainya. Elemen-elemen yang termasuk dalam sistem universitas itu sendiri adalah perpustakaan, laboratorium, seketariat dosen, dsb. satu kesatuan system yang bukan tidak lain dari kesatuan subsistem dan supersistem untuk mencapai suatutujuan yang baik.
Didalam suatu universitas system sangat penting untuk mengetahui bagaimana peraturan-peraturan yang terdiri dari kebijakan akasemik didalam sebuah universitas yang disebut Sistem. Kenapa universitas bisa dikatakan sebuah system karena universitas sangat bisa mempertahankan bagaimana kebebasan untuk mencari keunggulan dalam mencari kebenaran.

  • Definisi Subsistem

Subsistem merupakan komponen atau bagian dari suatu system, subsistem ini bisa phisik ataupun abstrak.Subsistem sebenarnya hanyalah sistem di dalam suatu sistem, ini berarti bahwa sistem berada pada lebih dari satu tingkat. Pemisalan lainnya, mobil adalah suatu system yang terdiri dari system-sistem bawahan seperti system mesin, system badan mobil dan system rangka. Masing-masing system ini terdiri dari system tingkat yang lebih rendah lagi.

  • Definisi Supersistem

Walaupun istilah supersistem jarang digunakan, system seperti ini ada. Jika suatu system adalah bagian dari system yang lebih besar, system yang lebih besar itu adalah supersistem.

Dari definisi dan penjelasan diatas dapatlah diambil kesimpulan, suatu system terdiri dari elemen yang bisa berbentuk individu atau bagian-bagian yang terpisah, kemudian berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.

Jadi universitas merupakan suatu suatu subsistem karena universitas berada pada lebih dari satu tingkat dan merupakan supersistem karena universitas merupakan suatu sistem yang lebih besar dari organisasi-organisasi yang ada.

  • Defenisi Data

Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan.Atau fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam kedalam berbagai bentuk media 8,data merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi.

  • Defenisi Informasi

Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk

yang lebih berarti dari suatu kejadian.

Sedangkan info tagihan juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengawasan pelanggan terhadap perhitungan rekening.Jadi Jadi tagihan telepon merupakan Informasi bagi perusahaan seluler tersebut untuk mengetahui mengenai tagihan telepon pelanggan, meliputi besarnya tagihan, serta perinciannya ( penggunaan untuk Lokal, SLJJ, SLI007, dan lain-lain), informasi mengenai pembayaran tagihan telepon oleh pelanggan, informasi mengenai tagihan pelanggan yang tidak tertagih / tunggakan tagihan

telepon.Pengiriman Info Tagihan ke pelanggan merupakan salah satu fitur pelayanan kepada pelanggan yang bersifat opsional (bisa dipilih oleh pelanggan)

Info tagihan merupakan bagian dari proses pembuatan rekening dan pembayaran pemakaian listrik yang mengutamakan asas keterbukaan dan keberimbangan antara pelanggan dan Telkom.

Data-data yang dicetak dalam Info Tagihan ini adalah Informasi tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan dalam suatu periode tertentu lengkap dengan rincian tagihan dan pemakaian

Data-data yang dicantumkan adalah: Total tagihan dan tanggal jatuh tempo, Jumlah Tagihan Bulan Lalu, Jumlah Tagihan Bulan Ini, Jumlah Pembayaran, Sisa Tagihan, dan Sisa Angsuran, Rincian Pemakaian

Total Tagihan = Jumlah Tagihan Bulan Lalu + Tagihan Bulan Ini – Pembayaran yang telah dilaksanakan

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Info tagihan

Bukan merupakan bukti pembayaran tetapi merupakan informasi besarnya tagihan yang harus dibayar pelanggan

Tanggal proses adalah tanggal dibuatnya proses sehingga transaksi setelah tanggal ini tidak tercantum dalam Invoice

Jumlah tagihan adalah jumlah seluruh tagihan yang terdiri dari sisa tagihan bulan lalu yang belum dibayar (bila ada) dan tagihan bulan ini (terbaru)

Tanggal akhir pembayaran adalah tanggal terakhir tagihan bulan ini atau tagihan terbaru. Bila ada sisa tagihan bulan lalu (tunggakan), maka batas akhir tagihan tersebut sesuai dengan batas akhir tagihan tersebut.Dari pengertian diatas Tagihan telepon perusahaan tersebut adalah Informasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: