Suka Memakai Baju Yang Sama

“Dek, Pakai Baju Kok Itu Terus????”

Mba, baju tidur gambar Barbie-ku mana? Udah dicuci sama mba kan?”.Aku mau pake kata ade ku..sebut aja namanya A. Cuci-kering-pakai, cuci-kering-pakai. Seperti tak ada baju lain saja! Kalimat itu yang ada dalam pikiran mba Yati. Lalu, harus bagaimana, dong? Ini khusus buat Mba Yati yang selalu kewalahan ngurusin baju A.Dan saudara – saudara ku yang menganggap A pelit memakai baju aja

1.Wajar Kok!

Jangan khawatir mba, kondisi di atas sering dialami oleh anak-anak. Demikian juga si A.

Wajar saja, jika Dia suka memakai baju yang itu-itu saja. Ini merupakan fase dalam perkembangannya dan akan ‘lewat’ seiring bertambahnya usia nya nanti. Umumnya anak menyukai barang yang itu-itu saja karena dia mencari rasa aman dan nyaman. Misalnya baju yang dia pakai. Jika dianggap memberikan rasa nyaman pada dirinya maka akan kerap dipakainya. Hal ini dapat terjadi juga pada benda lain seperti boneka, selimut atau sepatu.Saya juga sering begitu mba..mana yang enak dan nyaman bagi saya,saya juga memakai yang itu terus.

Selain aman dan nyaman, kita juga menyukai barang yang itu-itu saja adalah sebagai pengganti (significant others), dalam hal ini orangtua atau orang lain yang dirasa paling dekat.

Bisa juga perilaku selalu memakai baju yang sama meskipun memiliki banyak baju, karena Dia masih cenderung berpikir secara statis. Atau pola pikir mereka belum pada tahap ‘mengapa harus bertukar baju? Kan sudah ada baju yang enak digunakan.

Anak belum mengerti mengapa harus ada perubahan. Pada usia ini, anak cenderung egosentris (melihat dunia dari perspsektifnya dan memiliki kesulitan memahami pandangan orang lain).

Jadi, kalau dia menyenangi pakaian karena menganggap baju tersebut adalah yang paling bagus dan paling nyaman dipakai, maka semua orang pun akan beranggapan seperti itu.Makanya mba dan Saudara ku yang lain jangan menganggap dia pelit untuk memakai baju aja..Hilangkan lah kata – kata “Kecil – kecil uda pelit”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: