Hati Yang Gembira

HATI YANG GEMBIRA
Apa pengaruh hati yang gembira terhadap kesehatan kita ?

masih ingatkan anda akan lagu lama :
hati yang gembira adalah obat, seperti hati yang senang
tapi semangat yang patah kering kan tulang
hati yang gembira Tuhan senang

amin.
memang Tuhan ingin setiap kita memiliki hati yang gembira. bukan hati yang loyo, bukan hati yang gampang menyerah. karena dengan hati gembira kita dapat berpikir tenang. kita dapat menyelesaikan perkara dengan baik.
di lagu ini juga dikatakan semangat yang patah kering kan tulang. maksudnya adalah bila kita tidak semangat lagi berarti sama saja seperti orang yang telah mati.

Saya sering mendengar firman Tuhan “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang” (Ams.17:22). Ada satu lagi yang juga mencuatkan kebenaran sorgawi yang kekal. ” Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat” (Ams. 15:13). Semua ini menunjukkan kaitan yang erat antara hati yang gembira dengan kesejahteraan jasmani kita.

Beberapa tahun yang lampau, Norman Cousins, seorang warga Amerika, menderita suatu penyakit yang serius sehingga membutuhkan perawatan rumah sakit yang intensif. Dalam masa yang sulit itu, ia menghabiskan waktunya hari lepas hari menonton video film-film lucu yang membuatnya tertawa terbahak-bahak. Suatu hal yang aneh terjadi. Perlahan-lahan ia pun pulih dari penyakitnya yang serius itu hingga akhirnya ia sembuh secara total. Kesembuhannya itu, ia percaya, adalah sebagai akibat atau pengaruh dari film-film lucu yang ditontonnya yang sangat menghibur hatinya. Norman Cousins pun mengabdikan sisa hidupnya menyelidiki pengaruh hati yang gembira terhadap kesehatan tubuh manusia.Hati yang gembira dan pandangan yang positif menaikkan daya tahan tubuh kita. Sebaliknya, semangat yang patah menurunkan daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: