Mengapa Cemburu?

Mengapa Cemburu???

Pertanyaan ini datang pada waktu pacar gw selalu cemburu, maklumlah hubungan jarak jauh.Terkadang gw ga ngerti apa sch yang harus dia cemburuin.Toh…jelas – jelas dia selalu tau apa yang gw lakuin,gw jalan sama siapa,gw lagi ngapain,lagian dalam prinsip gw teman sch bias banyak tapi kalau pacar itu cuma satu.Yang paling gw sering buat gw kesel adalah si doi selalu cemburu gara – gara situs facebook. Kadang – kadang gw jg sering mengalami kecemburuan,tapi cemburu yang gw rasain kalau kita itu lagi cerita – cerita tiba- tiba aja nyampe ke topik membahas masa lalu dia bersama sang mantan dan dia juga sama kalau membahas mantan w,toh,,dia juga cemburu.Ternyata kalau dipikir – pikir cemburu itu wajar tapi ada batasnya kalau uda cemburuan, itu mah ngeribetin.

Ternyata cemburu itu membuat kita menjaga kelekatan dan keterikatan dengan seseorang yang kita nilai berharga. Kecemburuan mengandung pesan bahwa “dia sangatlah penting bagi kita” itulah kenapa objek cemburu biasanya sangat disanjung dan dipuja. Akan tetapi cemburu seringkali dicap sebagai sesuatu yang buruk karena dapat dengan mudah membuat orang yang cemburu melakukan tindakan-tindakan yang tidak benar.Nah…ini sering kali teradi dikalangan anak muda sekarang, sering kali melakukan tindakan – tindakan yang gak bener..bisa saja melakukan kekerasan kepada orang yang di cemburuin.

Bila seseorang percaya bahwa kelekatannya dengan seseorang adalah hak mutlaknya, (yang memberikan orang lain tidak memiliki hak untuk membubarkan kelekatan itu), kecemburuan dapat menjadi kejam. Cemburu bisa juga tidak realistis, seperti ketika pasangan kita diantar orang lain.Nah…gw pernah mengalami peristiwa seperti ini, tetapi disi gw korban yang dicemburuin buka yang cemburu. Pada waktu pacar gw tau kalau  gw pernah diantar sama mantan w.Itulah yang membuat kepercayaan nya menjadi berkurang dan sempat terjadi goncangan dalam hubungan kami.Tapi setelah gw jelasin kenapa gw bias diantar karena terpaksa demi kebaikan gw juga,karena pada saat itu sangat emergency.heee..
Nah…begitu kita terlibat dalam suatu hubungan cinta, kita akan mengeksklusifkan hubungan itu hanya antara si dia dan diri kita. Akibatnya bila ada pihak lain yang dirasakan akan mengganggu hubungan maka muncullah keterbangkitan emosi yang disebut cemburu. Semakin serius dan eksklusif hubungan itu, maka kecemburuan juga cenderung meningkat. Jadi intensitas kecemburuan seseorang yang baru pacaran sangat mungkin lebih rendah bila dibandingkan dengan seseorang yang sudah tunangan. Sudah jamak banyak yang mengeluh bahwa dulu pada awal-awal pacaran kekasihnya tidak cemburuan, tapi justru setelah sekian tahun pacaran menjadi sangat pencemburu.

Kita juga cemburu bila ada yang mengancam harga diri kita. Umumnya orang yang cemburu harga dirinya menurun. Kekasih dan hubungan cinta merupakan salah satu sumber harga diri. Bila dirasakan ada ancaman terhadap sumber harga diri itu dimana ada potensi untuk kehilangan maka muncullah respon cemburu. Potensi kehilangan bisa secara emosional (pasangan mencintai orang lain) maupun secara perilaku (pasangan melakukan hubungan seksual dengan orang lain).

Ada tipe kepribadian tertentu yang membuat seseorang menjadi lebih pencemburu. Orang yang memiliki tipe kepribadian egoistik, cenderung mementingkan diri sendiri, ambisius, dan berpandangan sempit umumnya lebih pencemburu. Orang yang memiliki tipe cinta passionate love juga memiliki kecemburuan yang tinggi. Mereka sangat mudah cemburu dan meledak-ledak sehingga sangat mempengaruhi pikiran dan perasaannya, serta perilakunya menjadi negatif.

Cemburu merupakan emosi yang dikontruksi secara sosial, artinya bahwa situasi timbulnya cemburu telah ditentukan secara kultural. Oleh karena itu ada perbedaan situasi yang menimbulkan cemburu diantara budaya-budaya yang berbeda. Dalam budaya Amerika, memegang lengan orang yang sudah menikah mungkin tidak akan membangkitkan kecemburuan, akan tetapi di Indonesia hal itu mengundang kecemburuan yang besar.

Note : The true love is love which only for two person. And no place for the third person.

EVOLYMAGA…Luv u so much

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: